Assalamu Alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah bisa aktif lagi menulis.
kali ini penulis akan berbagi tentang cara membuat RPPH yang sesuai dengan Keputusan Dirjen Pendis no 3489 tahun 2016 dan pengalaman penulis selama mendampingi asesor Akreditasi RA tahun 2017.
Adapun RPPH bentuknya tidak harus baku, tetapi harus mencakup:
(1) identitas program,
(2) materi,
(3) alat dan
bahan,
(4) kegiatan
pembukaan,
(5) kegiatan inti,
(6) kegiatan penutup, dan
(7) rencana penilaian.
Sebelum kita membuat RPPH, pasti kita sudah mempunyai RPPM?RKM,.
dan ada hal yang paling penting dalam pembuatan RPPH yaitu waktu yang di alokasikan pada setiap langkahnya.
kita pasti masih ingat tentang jumlah Jam Tatap Muka ( JTM ) per mingggu yang di bebankan kepada guru RA pada simpatika yaitu 30 JTM /minggu , dengan artian bahwa dalam sehari kita harus melaksanakan kegiatan Tatap Muka selama 6 jam dengan durasi 30 menit /jam.
Maka marilah kita coba masukan durasi 6 jam JTM ke dalam Tahapan kegiatan yang ada dalam RPPH.( ini hanya contoh saja )
(1) identitas program,
(2) materi,
(3) alat dan bahan,
(4) kegiatan pembukaan, 30 menit ( 1 Jam )
(5) kegiatan inti, 90 menit ( 3 jam )
(6) kegiatan penutup, dan 30 menit ( 1 Jam )
(7) rencana penilaian. 30 menit ( 1 Jam )
jumlah JTM 180 menit ( 6 Jam )
Seandainya kita masuk jam 07.00 wib maka jadwalnya pasti seperti ini
07.00 - 07.30 wib Pembukaan
07.30 - 09.00 wib Inti
09.00 - 09.30 wib Istirahat
09.30 - 10.00 wib Penutup.
10.00 - 10.30 wib Penilaian.
RPPH K13 yang penulis pahami adalah RPPH yang komplit sampai dengan lampiran penilaian.
penilaian yang harus dilampirkan dalam setiap RPPH yaitu :
1. Scala Penilaian.
2. Hasil Unjuk Kerja
3. Catatan Ankedot
oleh karena itu penulis mencoba memodivikasi RPPH K13 ini.
kalau mau melihat contoh silahkan klik pada ling berikut ini
CONTOH RPPH
Mudah2an bermanfaat.
Untuk Pasword. : silahkan koment dulu
Jika masih bingun.....masih ada solusi.
Siapkan PROTA
Siapkan PROMES.
Siapkan RKM
Tulis No. WA. 08..........................................
Siapkan Daftar Siswa
Maka RPPH Semester II th 2017/2018 akan segera meluncur
jika sudah ada deal .................
Wassalam
Penulis
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
ASSALAMU ALAIKUM WR.EB. Kali ini penulis akan membagikan STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR ( SOP ) UNTUK JENJANG RAUDHATUL ATHFAL ( RA ) ...
-
Assalamu alaikum Wr.Wb. Sudah menjadi rahasiah umum jika Administrasi di suatu lembaga menjadi suatu beban yang sangat menyita dan mengura...
-
Assalamu Alaikum Wr.Wb. Selamat Pagi/Siang/Sore/malam Para Guru dan Kepala RA, dalam kesmepatan ini penulis coba share ABSENSI GURU DAN...
-
Assalamu alaikum. kali ini penulis membagikan contoh Prota mohon di sesuaikan dengan lembaga masing-masing karena masih global CONTOH...
alhmdllh nuhun waaa....
BalasHapusNuhunnn waa....
BalasHapus